KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA & KESEHATAN
( PJOK )
KELAS X ( 1 )
SEMESTER I
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN JASMANI
OLAHRAGA DAN KESEHATAN ( PJOK )
Sekolah : SMA/MA ..........
Kelas : X
Semester : I (SATU)
KKM : P J O K
Kompetensi
Dasar
dan Indikator
|
Standar Kriteria Ketuntasan Minimal
|
||||||
Kriteria Penetapan
Ketuntasan
|
Hasil KKM
|
Nilai KKM %
|
|||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
Praktik
|
Sikap/Afektif
|
Jumlah
|
||
STANDAR KOMPETENSI
1.
Menerapkan konsep besar-an PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
(PJOK) dan pengukurannya
|
|
||||||
1.1 Mengukur besaran PENDIDIKAN
JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) (massa, panjang, dan waktu)
|
|
||||||
§ Menyiapkan instrumen secara tepat serta melaku-kan
pengukuran dengan benar berkaitan dengan besaran pokok panjang, massa, waktu,
dengan mempertimbangkan aspek ketepatan (akurasi), kesa-lahan matematis yang
memerlukan kalibrasi, ketelitian (presisi) dan kepekaan (sensitivitas).
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Membandingkan besaran pokok dan besaran turun-an serta
dapat memberi-kan contohnya dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menentukan
dimensi suatu besaran pokok
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Mendefinisikan
angka penting dan menerapkan-nya.
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Melakukan penjumlahan
vektor
|
|
||||||
§
Menjumlahkan
dua vektor atau lebih dengan metoda jajaran genjang dan poligon
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menjumlahkan
dua vektor yang segaris atau membentuk sudut secara grafis dan menggunakan
rumus cosinus.
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menguraikan
sebuah vektor dalam bidang datar menjadi dua vektor komponen yang saling
tegak lurus.
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menjumlahkan
dua vektor atau lebih dengan cara analisis.
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah 2 KD
|
|
|
|||||
KKM ( PJOK SK 1)
|
|
||||||
STANDAR KOMPETENSI
2.
Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
|
|
||||||
2.1 Menganalisis besaran PENDIDIKAN
JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) pada gerak dengan kecepatan dan
percepatan konstan
|
|
||||||
§
Mendefinisikan
pengertian gerak
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Membedakan
jarak dan perpindahan
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Membedakan
kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menyimpulkan
karakteristik gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan
(GLBB) melalui percobaan dan pengukuran besaran-besaran terkait
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Membedakan
percepatan rata-rata dan percepatan sesaat
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2
Menganalisis besaran PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN ( PJOK )
pada gerak melingkar dengan laju konstan
|
|
||||||
§
Merumuskan
gerak melingkar beraturan secara kuantitatif.
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menjelaskan
pengertian percepatan sentripetal, dan mengaplikasikannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Memberikan
contoh gerak melingkar beraturan dan berubah beraturan dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3 Menerapkan Hukum Newton
sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak
melingkar beraturan.
|
|
||||||
§
Memberikan
contoh penerapan hukum Newton dengan menggunakan berbagai media
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Melakukan
percobaan yang berhubungan dengan hukum-hukum Newton
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Melukiskan
diagram gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menjelaskan
pengertian gaya berat dan gaya gesekan, serta contoh aplikasinya dalam
kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menjelaskan
konsep gaya sentripetal pada gerak melingkar beraturan
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Melakukan
analisa kuantitatif untuk persoalan-persoalan dinamika sederhana pada bidang
tanpa gesekan.
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah 3 KD
|
|
|
|||||
KKM ( PJOK SK 2)
|
|
……,….…………....…..
Mengetahui
Kepala SMA/MA......................... Guru
Mata Pelajaran
....................................................
........................................
NIP/NIK NIP/NIK
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM (
) PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN ( PJOK )
KELAS X ( 1 )
SEMESTER II
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN JASMANI
OLAHRAGA DAN KESEHATAN ( PJOK )
Sekolah : SMA/MA ..........
Kelas : X
Semester : II
KKM : P J O K
Kompetensi Dasar
dan Indikator
|
Standar Kriteria Ketuntasan Minimal
|
||||||
Kriteria Penetapan
Ketuntasan
|
Hasil KKM
|
Nilai KKM %
|
|||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
Praktik
|
Sikap/Afektif
|
Jumlah
|
||
STANDAR KOMPETENSI
3.
Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik
|
|
||||||
3.1
Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif
|
|
||||||
§ Menggunakan persamaan tentang optika geometrik untuk
menyelesaikan masalah peralatan optik
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2
Menerapkan alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah 2 KD
|
|
|
|
|
|
|
|
KKM ( PJOK SK 3)
|
|
|
|
|
|
|
|
STANDAR KOMPETENSI
4.
Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai
perubahan energi
|
|
||||||
4.1
Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat
|
|
||||||
§
Menganalisis
pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menjelaskan
peristiwa perubahan wujud dan karakteristiknya serta memberikan contohnya
dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Memberikan
gambaran tentang faktor yang mempengaruhi peristiwa perubahan wujud.
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Melakukan
analisis kuantitatif tentang perubahan wujud
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2
Menganalisis cara perpindahan kalor
|
|
||||||
§
Membedakan
peristiwa perpindahan kalor cara konduksi, konveksi dan radiasi
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menentukan
factor-faktor yang berpengaruh pada peristiwa perpindahan kalor melalui
konduksi, konveksi, dan radiasi
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Memberikan
contoh melalui percobaan peristiwa konduksi, konveksi, dan radiasi dalam
kehidupan sehari-hari, serta penerapannya dalam bentuk teknologi sederhana
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Mendemonstrasikan
cara untuk mengurangi/mencegah perpindahan kalor melalui konduksi, konveksi,
dan radiasi
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3
Menerapkan asas Black dalam pemecahan masalah
|
|
||||||
§
Menerapkan
asas Black secara kuantitatif #)
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah 3 KD
|
|
|
|
|
|
|
|
KKM ( PJOK SK 4)
|
|
|
|
|
|
|
|
STANDAR KOMPETENSI
5.
Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan
berbagai produk teknologi
|
|
||||||
5.1
Memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana
(satu loop)
|
|
||||||
§
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi besar hambatan suatu penghantar
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menjelaskan
besar dan arah kuat arus listrik dalam rangkaian sederhana (satu loop)
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menjelaskan
tegangan yang tertera pada alat listrik dan mampu menghitung energi dan daya
yang terpakai pada alat listrik
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menentukan
kuat arus pada rangkaian majemuk dua loop *)
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menentukan
kuat arus pada rangkaian majemuk lebih dari dua loop *)
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2
Mengidentifikasi penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan sehari-hari
|
|
||||||
§
Membedakan
tegangan DC dan tegangan AC dalam bentuk grafik misalnya yang dihasilkan
osiloskop
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menjelaskan
bentuk rangkaian AC yang digunakan dalam rumah-rumah.
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menunjukkan
penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.3
Menggunakan alat ukur listrik
|
|
||||||
§
Membedakan
jenis dan fungsi alat ukur listrik
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menjelaskan
cara membaca dan memasang alat ukur kuat arus dan alat ukur tegangan
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menggunakan
amper meter dan voltmeter dalam rangkaian
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah 3 KD
|
|
|
|||||
KKM ( PJOK SK 5)
|
|
||||||
STANDAR KOMPETENSI
6.
Memahami konsep dan prinsip gelombang elektromagnetik
|
|
|
|
|
|
|
|
6.1
Mendeskripsikan spektrum gelombang elektromagnetik
|
|
||||||
§
Mencari
dan menelusuri literatur tentang gelombang elektromagnetik
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Mengelompokan
berbagai gelombang elektromagnetik dalam spektrum
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menjelaskan
karakteristik khusus masing-masing gelombang elektromagnetik di dalam
spektrum tersebut
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menjelaskan
contoh dan penerapan masing-masing gelombang elektromagnetik dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
6.2
Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari
|
|
||||||
§
Memformulasikan
masalah perambatan gelombang melalui suatu medium
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Memformulasikan
karakteristik gelombang transversal dan longitudinal beserta contohnya
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menjelaskan
pemanfaatan gelombang elektromagnetik dalam komunikasi dan pengukuran jarak
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah 2 KD
|
|
|
|||||
KKM ( PJOK SK 6)
|
|
KKM PJOK KELAS X
|
||
NO
|
KKM PJOK
|
KKM
|
1
|
PJOK SK 1
|
|
2
|
PJOK SK 2
|
|
3
|
PJOK SK 3
|
|
4
|
PJOK SK 4
|
|
5
|
PJOK SK 5
|
|
5
|
PJOK SK 6
|
|
Jumlah
|
|
|
Total KKM PJOK Kelas X
|
|
……,….…………....…..
Mengetahui
Kepala SMA/MA......................... Guru
Mata Pelajaran
....................................................
........................................
NIP/NIK NIP/NIK
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM (
) PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN ( PJOK )
KELAS XI ( 2 )
SEMESTER I
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN JASMANI
OLAHRAGA DAN KESEHATAN ( PJOK )
Sekolah : SMA/MA ..........
Kelas : XI
Semester : I
KKM : P J O K
Kompetensi Dasar
dan Indikator
|
Standar Kriteria Ketuntasan Minimal
|
||||||
Kriteria Penetapan
Ketuntasan
|
Hasil KKM
|
Nilai KKM %
|
|||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
Praktik
|
Sikap/Afektif
|
Jumlah
|
||
STANDAR KOMPETENSI
1.
Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda
titik
|
|
||||||
1.1
Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan
menggunakan vektor
|
|
||||||
§
Menganalisis
besaran perpindahan, kecepatan dan percepatan pada perpaduan gerak lurus
dengan menggunakan vektor
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menganalisis
besaran kecepatan dan percepatan pada gerak melingkar dengan menggunakan
vektor
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menganalisis
besaran perpindahan dan kecepatan pada gerak parabola dengan menggunakan
vektor
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menganalisis
vektor percepatan tangensial dan percepatan sentripetal pada gerak melingkar
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Menganalisis keteraturan
gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton
|
|
||||||
§
Menganalisis
hubungan antara gaya gravitasi dengan massa benda dan jaraknya
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menghitung
resultan gaya gravitasi pada benda titik dalam suatu sistem
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Membandingkan
percepatan gravitasi dan kuat medan gravitasi pada kedudukan yang berbeda
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menganalisis
gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum Keppler
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 Menganalisis pengaruh
gaya pada sifat elastisitas bahan
|
|
||||||
§
Mendeskripsikan
karakteristik gaya pada benda elastis berdasarkan data percobaan (grafik)
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Mengidentifikasi
modulus elastisitas dan konstanta gaya
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Membandingkan
tetapan gaya berdasarkan data pengamatan
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menganalisis
susunan pegas seri dan paralel
|
|
|
|
|
|
|
|
1.4 Menganalisis hubungan
antara gaya dengan gerak getaran
|
|
||||||
§
Mendeskripsikan
karakteristik gerak pada getaran pegas
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menjelaskan
hubungan antara periode getaran dengan massa beban berdasarkan data
pengamatan
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menganalisis
gaya simpangan, kecepatan dan percepatan pada gerak getaran
|
|
|
|
|
|
|
|
1.5
Menganalisis hubungan antara usaha, perubahan energi dengan hukum
kekekalan energi mekanik
|
|
||||||
§
Mendeskripsikan
hubungan antara usaha, gaya, dan perpindahan
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menghitung
besar energi potensial (gravitasi dan pegas) dan energi kinetik
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menganalisis
hubungan antara usaha dan energi kinetik
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menganalisis
hubungan antara usaha dengan energi potensial
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Merumuskan
bentuk hukum kekekalan energi mekanik
|
|
|
|
|
|
|
|
1.6 Menerapkan hukum
kekekalan energi mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari
|
|
||||||
§
Menerapkan
hukum kekekalan energi mekanik pada gerak misalnya gerak jatuh bebas, gerak parabola dan gerak harmonik sederhana
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menerapkan
hukum kekekalan energi mekanik pada gerak dalam bidang miring
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menerapkan
hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda pada bidang lingkaran
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menerapkan
hukum kekekalan energi mekanik pada gerak satelit
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Menerapkan
hukum kekekalan energi mekanik pada gerak getaran
|
|
|
|
|
|
|
|
1.7
Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk
menyelesaikan masalah tumbukan
|
|
||||||
§
Memformulasikan
konsep impuls dan momentum, keterkaitan antar keduanya, serta aplikasinya
dalam kehidupan (misalnya roket)
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Merumuskan
hukum kekekalan momentum untuk sistem tanpa gaya luar
|
|
|
|
|
|
|
|
§
Mengintegrasikan
hukum kekekalan energi dan kekekalan momentum untuk berbagai peristiwa
tumbukan
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah 7 KD
|
|
|
|||||
KKM ( PJOK SK 1)
|
|
……,….…………....…..
Mengetahui
Kepala SMA/MA......................... Guru
Mata Pelajaran
....................................................
........................................
NIP/NIK NIP/NIK
0 komentar:
Post a Comment